Senin, 19 Desember 2016

Cornering, Perlu Gak sih?




Cornering adalah keahlian untuk melewati berbagai bentuk tingkungan dengan kecepatan optimal secara aman. Dan juga merupakan tehnik melibas tikungan dengan melawan gaya atau momentum seperti dimana saat kita belok ke kiri maka kita akan terlempar ke kanan.
Sebagai pengendara, Sebenarnya perlu menguasai Tehnik ini agar kita lebih siap melewati berbagai tikungan dan dapat memangkas waktu dengan kecepatan konstan dan memmungkinkan kita sampai tujuan dengan cepat. Dan juga untuk mengantisipasi saat belok biar gak BABLAS malah lurus terus nyemplung gini. Wkwkwkwk... :D :v
Cornering identik dengan Road Race dan juga Moto GP. Biasanya mereka saat cornering akan melewati jalur dalam atau mepet ke arah sudut tikungan. Dengan begini jalur tikungan akan lebih pendek dan efisien waktu.


Sebenarnya melakukan tehnik cornering cukup mudah. Tergantung nyali, keadaan motor dan perasaan kita. Pertama yang harus di ingat adalah sebagai berikut:
1.       Rem dan menurunkan Grib Gas sebelum masuk Tikungan, saat timing ini kita bisa sambil menurunkan gigi. Pastikan kopling sudah dilepas dan grip gas sudah stabil sebelum kita mencapai tikungan. Dan fokus pada tikungan di depan kita.
2.       Bawa /arahkan motor dari bagian luar jalan dahulu lalu kemudian menuju sisi dalam tikungan (out to in). Seperti gambar diatas tadi. Dan sekali lagi fokus kan pikiran pada arah tikungan, biar gak BABLAS.
3.      Geser titik beban tubuh ke arah tikungan yang dituju. Semisal kita belok ke kiri, maka geser titik beban kita dan condongkan badan kita ke arah kiri.
4.       Saat mulai menikung Tengok ke arah dalam tikungan dan fokus kejalan sesudah tikungan atau ke jalan yang akan anda tuju agar kita terpaku pada arah tikungan.
5.       Saat motor sudah mulai merebah “Miring” buka kembali grib gas untuk menambah kecepatan agar tigak melambat. Namun hati-hati jangan buka gas secara mendadak, lakukan dengan perasaan.
6.       Saat mulai keluar tikungan, kembalikan lagi titik beban pada titik tengah sambil berakelerasi maka motor akan dengan mudah di tegak kan posisinya. Dan silahkan melaju dan ke tikungan berikutnya.

Seperti yang saya katakan tadi keadaan motor  bergantung  juga pada peforma. Jika pakai ban CACING, sama aja bohong. Paling nggak dengan ban bertapak lebar seperti ukuran  80/90 tergantung spesifikasi motor.

1 komentar:

  1. The Casinos that Have the Best Casino Sites
    Are 바카라 양빵 There Casinos that Have the Best Casino Sites in the United States? — Are There Casinos that Have the Best 리드 벳 Casino Sites in the United States? — Are 스크릴 There Casinos that Have the Best Casino Sites in the United States? — Are There Casinos that 꽁머니 지급 Have 스포츠사이트 the Best Casino Sites in the United States?

    BalasHapus